Pengelolaan Kontrak

Sistem SPAN mensyaratkan SPM LS Kontraktual harus mendaftarkan ADK Kontrak terlebih dahulu sebelum diajukan ke KPPN.

Dasar hukum: PER-58/PB/2013 tentang Pengelolaan Data Supplier dan Data Kontrak dalam Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara.

Data Kontrak tersebut harus sudah didaftarkan Satuan Kerja paling lambat 5 (lima) hari kerja setelah penandatanganan kontrak.

Data Kontrak dapat disampaikan ke KPPN Mamuju secara langsung atau melalui e-mail dengan alamat kppn178afs@gmail.com dengan melampirkan:

  1. ADK kontrak
  2. Hasil scan/PDF Karwas Kontrak (cetak dari menu Rekam Kontrak)
  3. Hasil scan/PDF Karwas Realisasi Kontrak (cetak dari menu Rekam Kontrak)

KPPN tidak akan memproses ADK Kontrak yang belum dilengkapi syarat-syarat tersebut di atas dan/atau ADK Kontrak yang masih salah dalam pengisian dan perhitungan termin kontrak.

Mekanisme Perubahan Data Kontrak

Terhadap data kontrak yang telah terdaftar atau tercatat dalam database SPAN, dapat dilakukan perubahan, pembatalan, dan penutupan data kontrak. Perubahan data kontrak meliputi perubahan elemen data kontrak yang menurut ketentuan mengenai pengadaan barang/jasa memerlukan addendum kontrak maupun tidak memerlukan addendum kontrak.

KPPN hanya bisa merubah data kontrak yang mengakibatkan perubahan struktur data kontrak atas dasar surat permintaan perubahan data kontrak dari PPK Satker sesuai format dalam lampiran XX PER-58/PB/2013. Perubahan data kontrak yang mengakibatkan perubahan struktur data kontrak meliputi:

  1. Perubahan yang mengakibatkan bertambah atau berkurangnya jenis cara penarikan, dan
  2. Perubahan yang mengakibatkan bertambah atau berkurangnya frekuensi rencana angsuran/pembayaran/termin.

Dalam hal perubahan data kontrak tidak merubah struktur data kontrak, perubahan data kontrak dapat dilakukan oleh satuan kerja dengan merekam perubahan data kontrak ke dalam aplikasi SAS dan menyampaikannya ADK hasil perekamnnya ke KPPN.

Form Perubahan Data Kontrak

Form Pembatalan Data Kontrak